Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 05 November 2017

Refleksi: Pancasila Sebagai Dasar Negara

0 komentar
Refleksi: 
Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia


Saya akan merefleksikan mengenai Pancasila  Sebagai Dasar Negara Indonesia. Ada beberapa fungsi pancasila yang salah satunya adalah sebagai dasar negara Indonesia, berikut fungsi pancasila: 
1. Pancasila sebagai dasar negara
2. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
3. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
4. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
5. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia
6. Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia
7. Pancasila sebagai perjanjian luhur Bangsa Indonesia
8. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum
9. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia
10. Pancasila sebagai falsafah hidup Bangsa
       Dasar negara merupakan alas yang menjadi pijakan dimana memberikan kekuatan suatu negara untuk berdiri. Pancasila, yang dikenal sebagai pijakan negara Indonesia ini berperan sangat penting bagi pembangunan bangsa Indonesia.

           Fungsi pokok dari Pancasila tentunya sebagai Dasar Negara yang menjadi sumber dari segala sumber hukum yang mengatur Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk seluruh unsur di dalam NKRI seperti pemerintah, wilayah dan rakyat.

        Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia mempunyai keterlibatan bahwa Pancasila terikat oleh suatu kekuatan secara hukum, terikat oleh struktur kekuasaan secara formal, dan meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum yang menguasai dasar negara

          Jadi, pancasila dalam kedudukannya itu sebagai dasar pijakan penyelenggaraan negara dan menjadi segala aspek dari kehidupan bangsa. Kemudian dengan dijadikannya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, maka Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di indonesia. Pancasila ini telah tertuang dalam UUD 1945, yang dimana UUD 1945 ini adalah sebagai hukum dasar negara indonesia, yang tidak dapat diubah atau apabila akan diubah akan sulit karena akan bertentangan dengan masyarakat Indonesia dan tetntunya akan banyak pro-kontra dari berbagai pihak.

Dengan begitu untuk juga untuk  merubah dasar negara adalah bukan hal yang mudah dan dapat diubah-ubah begitu cepatnya. Tentu merubah dasar negara butuh proses yang panjang dan akan terjadi banyaknya perubahan karena telah tertuang dalam hukum dasar negara Indonesia. Maka dari itu, pancasila adalah dasar negara yang tepat untuk Indonesia. Dari segala hukum-hukum yang berlaku di Indonesia harus menganut atau berlandaskan pancasila.

Demikian refleksi dari saya mengenai Pancasila Sebagai Dasar Negara, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Referensi:
https://www.eduspensa.id/fungsi-pancasila-sebagai/#1_Pancasila_sebagai_dasar_negara

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogalv © 2017